Simak Cara Mudah Mendampingi Anak Belajar Di Rumah

 

Apa cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk mendampingi anak belajar di rumah? Diketahui belajar di sekolah memang membantu anak untuk mendapatkan materi belajar yang cukup untuk pendidikannya. Di samping itu, orang tua juga harus mendukung anak untuk belajar di rumah dengan mengulang materi pelajaran dari sekolah. Lalu bagaimana tips mendampingi anak belajar di rumah paling efektif yang bisa diterapkan oleh para orang tua?

Tips Mendampingi Anak Belajar

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mendampingi anaknya saat belajar di rumah.

1. Sediakan Tempat Belajar yang nyaman

Tips mendampingi anak belajar di rumah yang pertama adalah dengan menyediakan tempat belajar yang kondusif dan juga nyaman. Dengan ruang belajar yang nyaman maka anak juga lebih mudah untuk mencerna pelajaran baik saat mengulang materi yang diajarkan di sekolah ataupun saat belajar materi baru.

Kriteria tempat belajar yang nyaman adalah memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak sumpek serta punya pencahayaan cukup. Selain itu didukung pula dengan jaringan internet yang stabil dan perlengkapan belajar yang memadai.

2. Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Untuk orang tua harus paham bahwa sangat penting menyesuaikan gaya belajar anak. Adapun gaya belajar anak terdiri dari beberapa jenis seperti 3 jenis cara belajar anak yang populer yaitu visual, auditori dan kinestetik.

Visual adalah tipe pembelajar di mana anak lebih suka mendapatkan informasi lewat gambar ataupun video, auditori adalah gaya belajar anak yang lebih fokus mendapatkan informasi dengan suara. Sedangkan kinestetik merupakan gaya belajar anak yang lebih suka mendapatkan informasi lewat berbagai kegiatan baru ataupun mengeksplor hal-hal di sekitarnya.

3. Buatkan Jadwal Anak

Membuat jadwal anak juga sangat penting ketika mendampinginya belajar. Jadwal ini bisa dibuat oleh orang tua untuk kegiatan saat anak bangun tidur sampai tidur kembali. Jadwal anak juga mendukung kedisiplinan anak sejak dini dan juga membuatnya punya manajemen waktu yang bagus.

4. Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Memaksimalkan waktu bersama anak bisa dilakukan saat mendampingi belajar ataupun ketika waktu istirahat. Memaksimalkan waktu ini sangat penting untuk membuat momen kedekatan antara orang tua dan anak. Dari sini, orang tua  juga lebih mudah untuk mengenali karakter anak itu sendiri.

Dampingi Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Dampingi anak belajar dengan platform edukasi terbaik Pijar Belajar.

1. Apa Itu Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan sebuah platform edukasi dari PT Telkom Indonesia dengan visi misi yaitu melakukan pemerataan pendidikan di Indonesia dan ikut mencerdaskan anak bangsa. Pijar Belajar menjadi sebuah suplemen untuk anak dalam proses belajar, apalagi juga canggih karena sistemnya online.

2. Keunggulan Pijar Belajar

Pijar Belajar adalah platform edukasi yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja, selain itu apa keunggulan platform ini?

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA, adalah platform yang memiliki materi lengkap dari jenjang SD sampai SMA. Siswa juga akan mendapatkan latihan soal dan ada video pembahasan di setiap materi.
  • Harga terjangkau banget, biaya yang ditawarkan sangat terjangkau dan murah jika dibanding platform edukasi lainnya.
  • Start 10rb, untuk biaya yang ditawarkan agar kamu bisa berlangganan paket belajar dan juga akses ke fitur-fitur Pijar Belajar mulai dari 10 ribuan.
  • Bisa diakses laptop dan smartphone, kamu bisa akses aplikasi ini tidak hanya dengan komputer/PC tapi juga dengan smartphone.

Nah itu tadi beberapa tips mendampingi anak belajar di rumah. Untuk yang butuh tambahan suplemen belajar dengan platform edukasi terbaik maka wajib download aplikasi pijarbelajar.id.