Tetap Semangat, Walau di Desa, Ini 9 Jenis Peluang Usaha yang Menguntungkan

Apakah Kamu saat ini tinggal di desa atau berencana pindah ke pedesaan? Apakah kamu berminat untuk membuka usaha baru? Jika iya, kamu perlu mengetahui usaha yang menguntungkan di desa yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Jangan sampai melewatkan kesempatan yang ada.

Lantas, apa saja sih usaha yang menguntungkan di desa yang menguntungkan dan dapat berkembang? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Usaha yang Menguntungkan di Desa yang Menguntungkan?

Berikut ini beberapa usaha yang menguntungkan di desa yang prospeknya besar dan kemungkinan besar dapat menghasilkan keuntungan:

1. Membuka Toko Kelontong

Kebutuhan masyarakat akan bahan pokok sehari-hari selalu tinggi, baik di desa maupun di kota. Sayangnya, warga desa biasanya harus menempuh jarak yang jauh untuk berbelanja kebutuhan pokok tersebut.

Keterbatasan ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka toko kelontong di desa. Dengan begitu, masyarakat sekitar akan merasa terbantu karena tidak perlu lagi jauh-jauh berbelanja. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih besar karena animo masyarakat yang tinggi.

2. Membuka Konter Pulsa

Usaha yang menguntungkan di desa yang prospeknya bagus dan bisa dijalankan adalah berjualan pulsa atau buka loket pulsa. Saat ini kebutuhan akan pulsa dan kuota internet dari masyarakat selalu meningkat. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya jumlah pengguna smartphone.

Kamu tidak boleh melewatkan kesempatan ini, apalagi jika kamu sedang mencari usaha yang menguntungkan di desa. Kunci sukses membuka konter pulsa di desa adalah dengan membukanya di lokasi yang strategis. Kamu bisa membukanya di persimpangan jalan desa atau di dekat pusat perekonomian desa.

3. Membuka Rental PS

Membuka rental PS merupakan salah satu usaha yang menguntungkan di desa yang sangat menjanjikan mengingat banyaknya anak-anak yang sangat antusias bermain game konsol seperti ini. Pastikan saja kamu dapat menyediakan game dari berbagai genre yang tersedia agar konsumen tidak mudah bosan.

Selain anak-anak, masih banyak anak remaja bahkan orang tua (biasanya bapak-bapak) yang masih suka bermain game konsol seperti ini. Oleh karena itu, kamu juga harus menyediakan genre game yang dapat menarik minat para anak muda dan bapak-bapak tersebut.

4. Membuka Warnet

Kebutuhan akan internet dari masyarakat semakin meningkat, termasuk masyarakat di pedesaan. Membuka warung internet (warnet) merupakan salah satu usaha yang menguntungkan di desa yang menjanjikan. Selain itu, biasanya persaingan dari bisnis warnet di desa juga tidak begitu ketat karena membutuhkan modal awal yang cukup besar.

Untuk menambah penghasilan dari bisnis ini, kamu juga bisa menjual makanan ringan dan minuman ringan di konter kasir. Namun, kamu juga harus menjaga agar tempat usaha tidak menimbulkan keresahan di masyarakat sekitar karena biasanya banyak orang yang menggunakan warnet sebagai tempat nongkrong.

5. Membuka Fotocopy dan Menjual Alat Tulis

Akses untuk keperluan fotokopi dokumen itu sangat penting, baik itu untuk pekerjaan maupun pendidikan. Biasanya, akses tersebut masih sulit didapat saat berada di desa. Oleh karena itu, peluang usaha fotokopi di desa merupakan salah satu yang paling menguntungkan.

Selain membuka jasa fotokopi, kamu juga bisa berjualan alat tulis untuk menambah penghasilan. Biasanya banyak anak-anak yang masih pelajar membutuhkan alat tulis untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh sekolah.

6. Ternak Ayam Kampung

Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Untuk jenisnya, ayam kampung menjadi salah satu varian yang paling digemari karena rasanya yang enak. Daerah pedesaan merupakan tempat yang cocok untuk memanfaatkan usaha yang menguntungkan di desa ini karena fasilitas penunjang biasanya lebih mudah didapatkan.

Untuk memulainya, kamu tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Pemeliharaannya juga tidak semahal saat beternak hewan lain seperti sapi atau kambing. Bahkan, dengan beternak ayam kampung, kamu bisa mendapatkan dua pilihan bisnis sekaligus, yaitu berjualan daging dan telur ayam kampung. Selain itu, harga jual ayam kampung juga relatif lebih mahal dibandingkan ayam jenis lain dan permintaannya selalu tinggi.

7. Budidaya Ikan Lele

Selain ayam kampung, budidaya ikan lele juga merupakan usaha yang menguntungkan di desa yang cukup potensial. Ketersediaan lahan kosong di area pedesaan dapat menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk melakukan budidaya ikan lele. Modal yang dibutuhkan untuk melakukannya pun tidak begitu besar.

Ikan lele juga merupakan salah satu sumber protein hewani yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selama ada warung pecel lele di pinggir jalan, berarti permintaan ikan lele ini masih tinggi.

8. Berjualan Kerajinan Tangan dan Kue Tradisional

Indonesia dikenal kaya akan keanekaragaman budaya yang unik, termasuk dalam urusan kerajinan tangan dan kuliner. Setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri terhadap kerajinan tangan dan makanan ini. Oleh karena itu, membuat kerajinan tangan dan kue tradisional khas desa kamu merupakan usaha yang menguntungkan di desa yang potensial.

Melalui perkembangan internet, kamu dapat memperluas jangkauan peluang usaha ini bahkan sampai ke luar negeri. Dengan cara ini, pelanggan tidak hanya akan datang dari daerah sekitar, tetapi juga dari luar daerah.

9. Agen Pengiriman

Permintaan jasa ekspedisi di pedesaan sama tingginya dengan di perkotaan. Hal ini dikarenakan banyak barang yang berasal dari desa seperti kerajinan tangan hingga makanan khas dari desa perlu dikirim ke luar daerah. Oleh karena itu, tidak heran jika keberadaan jasa ekspedisi sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan ekonomi di desa.

Kamu dapat memenuhi kebutuhan akan jasa ekspedisi ini dengan memulai usaha sebagai agen pengiriman/ekspedisi. Apalagi sekarang ini hampir semua jasa ekspedisi telah membuka program kemitraan yang bisa menjadikan semua orang menjadi agen di mana saja.

Sebagai agen, nantinya kamu akan menjadi penghubung antara pelanggan dengan penyedia layanan ekspedisi. Kamu tinggal menerima barang dari customer kemudian meneruskannya ke jasa ekspedisi untuk diantar ke alamat tujuan.

Demikian penjelasan mengenai usaha yang menguntungkan di desa yang potensial untuk dilakukan. Jika Kamu membutuhkan suntikan modal untuk mengembangkan usaha di desa, kamu dapat mengajukannya di Amartha. Ajukan aplikasi pinjamannya sekarang juga agar rencana bisnis Kamu dapat dijalankan dengan lancar!

Jadi, tunggu apa lagi Kamu? Siapkan dana usaha kamu bersama Amartha untuk hidupkan usaha bareng Amartha. Semoga penjelasan mengenai ragam usaha yang menguntungkan di desa ini dapat membantu Kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *