5 Cara Mudah Ambil Cicilan HP Baru Pakai Kredivo

Pengen ambil cicilan HP baru tapi nggak punya kartu kredit, apa bisa?

Kabar baiknya, di era layanan kredit online seperti sekarang, hampir semua barang bisa dibeli atau dicicil dengan akses paylater yang tepat. Salah satunya Kredivo, yang terkenal sebagai aplikasi kredit HP tanpa DP, bisa dipakai di toko dan juga di online!

Berbagai e-commerce ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli, saat ini sudah menjadi merchant mitra Kredivo. Di mana artinya, kalau kamu sudah punya akun Kredivo, kamu bisa bertransaksi di berbagai e-commerce tersebut dan ambil cicilan HP yang diinginkan. Bukan cuma itu, toko HP ternama seperti Erafone, iBox, dan Samsung Official Store saat ini juga sudah bekerja sama dengan Kredivo, lho.

Kalau kamu nggak suka belanja online dan lebih suka ambil kredit HP langsung secara online, kamu juga bisa mendatangi toko tersebut untuk bertransaksi pakai Kredivo.

Gimana proses dan cara ambil cicilan HP baru dengan limit Kredivo?

Yuk, ikuti 5 langkah mudah berikut ini:

Download aplikasi Kredivo & pastikan kamu sudah memenuhi syarat

Pertama-tama, kamu perlu tahu bahwa satu-satunya platform untuk daftar akun Kredivo adalah melalui aplikasinya yang bisa didownload langsung di Google Play Store atau App Store. Kalau daftar kartu kredit harus ke bank, nah Kredivo, daftarnya via aplikasi ini, ya.

Sama juga dengan kartu kredit, sebelum download, kamu harus memenuhi syarat daftar akun Kredivo yang sudah ditetapkan, yaitu:

  1. Sudah berusia 18 – 60 tahun.
  2. Sudah bekerja dan punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Demak, Klaten, Kendal, Kudus, Banyuwangi, Bitung, Kampar, Minahasa dan Minahasa Utara. Syarat domisili ini wajib dipenuhi, khususnya jika kamu berencana daftar akun tipe Premium.

Sebelum daftar akun, penting untuk memastikan kamu sudah memenuhi syarat di atas supaya peluang akun kamu disetujui jadi lebih besar. Kalau ada syarat yang belum terpenuhi, bisa jadi, pendaftaran kamu malah ditolak.

Daftar akun Premium Kredivo supaya berkesempatan dapat limit lebih besar

Setelah download dan buka aplikasi Kredivo, akan ada dua tipe akun yang perlu kamu pilih salah satunya. Yang pertama adalah akun Basic dengan jumlah limit yang didapat maksimum sampai Rp 3 juta. Yang kedua adalah akun Premium dengan jumlah limit maksimal sampai dengan Rp 50 juta.

Kalau kamu berencana beli HP dengan harga yang cukup tinggi, maka tipe akun Premium bisa jadi pilihan. Tapi, perlu diingat kalau untuk daftar tipe akun ini kamu harus memenuhi syarat domisilinya, ya.

Saat memilih tipe akun Premium, nantinya akan ada tahapan pendaftaran yang bisa kamu lakukan. Dari mulai mengisi lengkap data diri, mengunggah foto selfie dan dokumen seperti KTP dan NPWP, dan tahapan lainnya. Pastikan kamu mengisi data ini dengan benar dan cermat.

Kalau sudah selesai daftar, tunggu proses review dari Kredivo dalam 1×24 jam. Nantinya, akan ada informasi di notifikasi aplikasi atau email mengenai status pendaftaran kamu: apakah disetujui atau ditolak.

Tentukan tipe dan harga HP yang cicilannya sesuai kemampuan

Apabila pendaftaran akun kamu disetujui Kredivo, maka akan ada limit kredit yang bisa kamu gunakan untuk ambil cicilan HP. Limit inilah yang menjadi batas berapa besarnya transaksi yang bisa kamu lakukan.

Tapi, supaya cicilanmu bisa terbayar nantinya, kamu juga harus menentukan budget berapa harga HP yang bisa dibeli sesuai kemampuan. Plus, menariknya pakai Kredivo, kamu juga bisa mengecek simulasi cicilan dengan fitur “Kalkulator Cicilan” secara langsung.

Misalnya, kamu mau beli 1 unit HP samsung seharga Rp3.000.000. Kamu hanya tinggal memasukkan angka ini di kalkulator, lalu simulasi cicilannya akan tampil sesuai dengan tenor yang disediakan Kredivo.

Sebelum membeli atau ambil kredit HP, cek juga kondisi keuanganmu: berapa besarnya uang yang bisa dikeluarkan untuk bayar cicilan HP per bulannya?

Tentukan merchant untuk belanja: online atau offline

Kalau pakai Kredivo, kamu juga bisa memilih mau beli HP di toko online atau offline. Sebab, ada banyak sekali merchant rekanan Kredivo dari e-commerce sampai toko gadget ternama seperti Erafone.

Untuk mengecek daftar merchant apa saja yang sudah bermitra dengan Kredivo, kamu bisa memilih menu “Merchant” di halaman depan aplikasi Kredivo secara langsung!

Lakukan pembayaran dengan akun Kredivo atau fitur QR sesuai jenis transaksi

Cara bayar dan ambil cicilan HP di online atau di toko dengan Kredivo memiliki perbedaan. Kalau di online, kamu tinggal checkout dan masuk ke halaman pembayaran.

Nantinya akan tersedia opsi cicilan tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, sampai 12 bulan. Ada cicilan 0% untuk tenor 1 dan 3 bulan, ada juga yang dikenakan suku bunga cicilan mulai 1.99% per bulan untuk tenor 6 – 12 bulan. Di halaman pembayaran, kamu tinggal memilih salah satu opsi ini untuk melanjutkan transaksi.

Kalau belanja di toko, maka kamu wajib membawa HP dan aplikasi Kredivo dengan akun yang aktif. Nantinya, kamu bisa membayar atau memproses cicilan dengan menggunakan fitur QR Code dan dipandu kasir toko.

Gimana, tertarik coba?